Thursday, February 23, 2017

SEPENGGAL KISAH AWAL MENGURUS JENAZAH


Bismillahhirrahmanirrahim
Awal dalam mengurus jenazah sih memang aga sedikit deg degan”alias takut” tapi lama kelamaan muali berani dan sekarang Alhamdulillah  diamanhkan mengurus jenazah……………

Ok  kali ini ane akan berbagi pengalaman seputar pengurusan jenazah. Dulu ane memang penakut, jangankan megang jenazah liat kurung batang aja lari, apalagi megang jenazah ihhh *atut* ok.. karena sering nonton film HOROR jadi menset ane terdoktrin, apa yang di benak ane sama dengan yang di film horor, takut mayatnya bangun, takut nyekek “hahaha bahasanya nyekek gpp lah”  blab bla bla dan lain sebaginya.

            Seiring berjalannya waktu, hari demi hari, jam demi jam, detik demi detik terbitlah sebuah lembaga di bawah Radio islam di bogor  namanya MARKAZ PENGURUSAN JENAZAH di singkat MPJ,  sebuah lembaga yang husus menangani seputar jenazah, baik dalam pengurusan jenazah, pelatihan pengurusan jenazah, dan penyedian sarana buat mengurus jenazah, lama kelamaan ane di tunjuk menjadi wakil daripada lembaga tersebut, ok fix, gpp lah….

            Seiring banyaknya permintaan dari kaummuslimin dalam mengurus dan mengadakan pelatihan pengurusan jenazah, akhirnya ane berusaha belajar baik dengan baca buku dowload video seputar pengurusan jenazah dall. Sampe pada suatu hari ada seorang yang meninggal, kebetulan yang meninggal itu di daerah cibinong yah… masih di kota bogor, disini kejadian unik ''gini certanya. Di MPJ ane memng punya bawahan, mereka sudah senior alias sering mandiin yang namanya jenazah kira-kira umur mereka beda 20 tahunan sama ane,,,pada saat itu ane belum berani terjun, jangankan terjun megang kain kafan aja gemeteran adeh…… ok ane tunggu di luar sambil ngasih alat apa aja yang kurang buat mandiin jenazah, sampe yang di dalam nanya’ Akh Asep ada siwak ga?.. Tanya mereka “ ane jawab waduh ga ada, “coba ane nyari dulu kedepan “dalam benak ane, Hah sekarang kesempatan ane harus nyari dulu biar jauh.. biar pas smpe sana udah selsai, pas merasa udah jauh ane pu pulang, Alhamdulillah udah selsai tinggal di gotong “Aseeeeeeekk “ benak ane dalam hati…ok

  Di situ pertama kali ane melakukan hal yang menurut ane “Konyol” yah mau gimna lagi coba, pertama kali mengurus jenzah…hahah

Ok sampe pada satu waktu, ada yang meninggal di ciawi, salsatu bawahan ane bilang “ antum gimana sih, ente kan ketua kita masa ente ga berani megang jenazah’’ nah di situlah ane mulai berfikir,, kurang lebih ane sampe mikir 3-4 harian… oh ia ya masa ane ga bias sih '"ungkap ane dalam hati’’
Ok besok ane turun, bismillah.. nah disan ane mulai megang kakinya, “ eh ternyata apa yang di benak ane itu ga ada’ apa apa yang ada di film horo itu ga ga ada…naah  di sinilah muali ana berani mengurus jenazah,, Alhamdulillah sampe detik ini allah masih mempercayai ane. Selsai deh ceritanya hehehehe

Ok, ada ada beberapa faidah yang bisa kita ambil di kisah di atas
1   Jangan pernah takut untuk mencoba selama itu kebaikan
2   NIAT, yah.. niat itu harus senantiasa di bangun dan di perbaiki, inget mengurus jenzah itu pahalanya besar dll. Insya allah bisa jadi motivasi
3  Dalam pengurusan jenzah, yang paling penting adalah peraktek, alias mau terjun, jikalu hanya teori tapi ga ada peraktek “BOHONG”
 Jangan pernah takut salah, karena setiap kali salah lambat laun akan makin baik dan makin sempurna,,
Ok gan mungkin itu cerita singkat, sory kalau bahasanya kurang bagus maklum masih proses menuju sempurna, semoga bisa bermanfaat dan kalian pun bisa terjun langsung mengurus jenazah, karena kematian ga ada jadwal, jadi kalian harus siap siaga , entah ada mungkin dari kerabat kalian yang meninggal,, jangan ribet ribet cari orang buat mandiin cukup kalian saja yang mandiin…..

BY
Asep BZ

1 comments: